Kamis, 28 Juni 2012

Terjemahan Syair Sayyid Ahmad Hasyimi

Bersabarlah dan ikhlaslah dalam setiap langkah perbuatan

Terus meneruslah berbuat baik ketika di kampung dan di rantau

Jauhilah perbuatan buruk, dan ketahuilah pelakunya pasti diganjar, di perut bumi dan di atas bumi

Bersabarlah menyongsong musibah yang terjadi dalam waktu yang mengalir

Sungguh di dalam sabar ada pintu sukses dan impian kan tercapai

Jangan cari kemuliaan di kampung kelahiranmu

Sungguh kemuliaan itu ada dalam perantauan diusia muda

Singsingkan lengan baju dan bersungguh-sungguhlah menggapai impian

Karena kemuliaan tak akan bisa diraih dengan kemalasan

Jangan bersilat kata dengan orang yang tak mengerti apa yang kau katakan

Karena debat kusir adalah pangkal keburukan

 

Dikutip dari : Novel  Ranah 3 Warna

FRIENDS FOREVER

Pesahabatan yang Tak Akan Pernah Pudar Sepanjang Masa

(RA & AEL)

 

Sahabat merupakan seseorang yang paling dekat dan paling baik dengan kita. Canda, tawa, tangis dan semua ada bersamanya. Setiap orang pasti punya sahabat. Sahabat sejati adalah sahabat yang mau menerima kita apa adanya, percaya dengan kita, pokoknya paling mengerti kita.

Biasanya sebuah persahabatan terjadi karena mempunyai visi misi dan tujuan hidup yang sama. Ya... walaupun mungkin ada juga berbeda

Pernahkah kamu merasakan bagaimana rasanya kehilangan sahabat ? uhhh... sedih banget L. Apalagi kita sudah nggak dan bahkan tidak akan pernah bertemu (bersamanya) lagi. Misalnya aja dalam beberapa detik terakhir kita masih bersamanya, 1 detik kemudian  tak disangka dan tak diduga kita berada di dunia yang berbeda. Antara dunia nyata dan dunia dimana mereka saat itu. Yang jelas kita akan merasa sedih banget. Biasanya sahabat kita selalu di samping kita dan menemani kita. Tapi, ketika kita membutuhkannya dan seharusnya dia ada di samping kita, rasanya di sekeliling kita hanyalah kosong dan hampa. Ya... walaupun sebenarnya ada banyak sahabat baru dan teman di samping kita. Kita tidak akan bisa mencari penggantinya. Walaupun kita telah menemukan sahabat baru yang lain, tapi seseorang itu tidak akan pernah menjadi sahabat sejati seperti sahabat yang telah berpisah dengan kita. Seseorang itu hanya menjadi sahabat biasa, bukan Sahabat Sejati bagi kita.

“Sobat, di manapun kita berada bahkan di dunia yang berbeda (seperti sekarang) selamanya kita akan tetap menjadi “Sahabat Sejati”. Seperti janji kita waktu itu saling membantu, senang sedih kita tanggung dan rasakan bersama, and jangan pernah berbohong antara satu sama lain. Perpisahan ini hanyalah perpisahan fisik. Karena kita masih bahkan sering bertemu dalam mimpi-mimpi yang indah. Walaupun kita tidak bisa berbincang-bincang seperti dulu, tapi kita saling senyum menyapa di antara Persahabatan kita” (untuk sahabat sejatiku, Rita Ambarwati)

 

Apakah kamu pernah kehilangan / berpisah dengan sahabatmu ?

Bagaimana perasaanmu ?

JANGAN MENINGGALKAN MASALAH


Masalah ???? setiap orang pasti punya masalah. Entah itu masalah yang berat maupun ringan. Masalah merupakan hal yang biasa dalam kehidupan. Jika seseorang tidak pernah mengalami masalah maka sama aja orang tersebut tidak hidup. Memang sih, menghadapi masalah itu berat. Tapi masalah merupakan hal yang harus kita hadapi, jika tidak malah akan menambah beban kita. Karena semakin hari masalah tidak diselesaikan maka masalah tersebut akan menumpuk alias semakin besar dan rumit / sulit untuk diselesaikan. Eeeeitss... jangan berkeluh kesah ya ketika menghadapi masalah, terus usaha dan semangat menghadapinya.

Jika kita mau menghadapi masalah berarti kita telah berusaha untuk menghadapinya. So, kita akan mempunyai pengalaman lebih. Apabila ada masalah lagi, maka kita akan lebih mudah untuk menghadapi. Diibaratkan aja ya... misalnya nih ujian sekolah.

Agar kita bisa lulus ujian maka kita harus mengikuti ujian. Apabila kita tidak berusaha dan mengikuti ujian maka kita tidak akan lulus. Dan kita tidak akan naik ketingkat berikutnya. Sedangkan orang lain yang mau berusaha dan mengikuti ujian  mereka akan naik ketingkat berikutnya. Dan jika kita berhasil maka kita akan lulus. Kita ibaratkan aja, misalnya ujian adalah sebuah masalah dan belajar yang kita lakukan adalah sebuah usaha untuk melewatinya.

So, jangan perbah meninggalkan suatu masalah seberat apapun masalah itu. karena dengan meninggalkan masalah maka kita malah akan menambah masalah baru yang mungkin lebih besar. Selesaikan masalah dengan sebaik mungkin.

Jangan menyerah, selalu sabar, terus berusaha dan tetap semangat.

Nilai Raport...

Yeeee….. yeeee……

Akhirnya raport alias nilai dari hasil usaha kita selama ini keluar juga. Hmmm, ketika membuka raport pasti yang kita tengok pertama kali adalah peringkat. Berapakah peringkatmu ? . Dan yang kedua pasti jelaslah nilai.

Awalnya hanya melirik satu per satu dari baris paling atas ke bawah. Kemudian, yuuup… ketemu deh nilai yang bagus ‘n jelek. Nilai tertinggi yang akan membuat kita bangga terhadap diri kita sendiri. Artinya usaha (belajar) kita waktu itu sukses, sehingga bisa membuahkan hasil yang maksimal seperti sekarang ini. Eeeeitss, walaupun nilaimu udah bagus tetap belajar yang sungguh-sungguh ea. Jangan malah sombong dan nggak mau belajar. Pertahankan dan tingkatkan selalu.

Sedangkan nilai terendah membuat kita merasa sedih dan menyesal. Mengapa waktu itu kita nggak belajar lebih, mengapa kita malas-malasan. Uhh… penyesalan yang nggak ada gunanya. Lebih baik kita belajar lebih giat lagi supaya nilai kita bisa naik dan maksimal seperti yang kita harapkan. Jangan menyerah, masih ada waktu kok. Dan jangan pernah malu untuk bertanya. Kalau kamu nggak bias terus nggak mau bertanya kapan mau bisa.

Kamis, 14 Juni 2012

Belajar Bahasa Perancis untuk Pemula


Bagi teman-teman yang suka dan pengen belajar Bahasa Perancis ini ada sedikit materi. Walaupun hanya sedikit semoga bermanfaat dan menjadikan awal keberhasilan teman-teman dalam Bahasa Perancis. O...iya please komennya terutama yang tertarik dengan Bahasa Perancis. Salam kenal :)
Ucapan / percakapan ketika bertemu seseorang :

  • ·         Bounjour, .... / Bonsoir, ....
  • ·         Salut ! a va ? (Hai, apa kabar?)
  • ·         Pas mal, et toi?
  • ·         Comme ci comme a (Baik)
  • ·         Comment allez – vous?
  • ·         Je vais très bien merci
  • ·         Je m'appelle .... (nama saya ... )
  • ·         Comment vous appelez – vous ? (nama Anda ?)
  • ·         Merci beaucoup (Terimaksih)
  • ·         De rien (sama-sama / kembali)
  • ·         Au revoir ... !! (sampai bertemu)
  • ·         A bientôt ... !! (sampai jumpa)

Dalam Bahasa Perancis setiap kata benda itu dibedakan menjadi dua, yaitu feminim dan maskulin.
·         Un dipakai sebelum kata benda maskulin. Contoh : un étudiant
·         Une dipakai sebelum kata benda feminim. Contoh : une étudiante

Kata ganti pokok kalimat :
  • ·         Je            : saya
  • ·         Tu          : kamu
  • ·         Il             : dia (maskulin)
  • ·         Elle        : dia (feminim)
  • ·         On          : seorang, orang-orang
  • ·         Nous     : kami, kita
  • ·         Vous      : Anda, Anda sekalian
  • ·         Ils           : mereka (maskulin)
  • ·         Elles      : mereka (feminim)
Je       : Dipakai sebelum kata yang diawali dengan sebuah bunyi konsonan.
J’       : Dipakai sebelum huruf hidup
            Modèle                       :           Je parle                       –          J’ai

Kata kerja beraturan –er Parler (berbicara) :
·        Je                     : parle
·        Tu                    : parles
·        Il, elle, on        : parle
·        Nous               : parlons
·        Vous               : parlez
·        Ils, ells             : parlent

Waktu sekarang (present) juga dapat menyatakan kejadian yang akan segera berlangsung :
M. Thierry parle demain (Tuan Thierry akan berbicara besok)

Kata kerja tak beraturan Aller (pergi) :
·        Je                     : vais
·        Tu                    : vas
·        Il, elle, on        : va
·        Nous               : allons
·        Vous               : allez
·        Ils, ells             : vont

Bentuk negative waktu sekarang ne … pas (bukan) :
ü  Menempatkan ne sebelum kata kerja dan pas setelah kata kerja.
ü  Modèle :
o   Je ne parle pas
o   Ils ne parlent pas
o   Nous n’allons pas
o   Vous n’allez pas

Membuat kalimat tanya :
ö  Menaikkan intonasi pertanyaan
Modèle :
o   Tu vas à Chicago ?
o   Vous parlez Français ?
ö  Menambahkan :
o   Est-ce que = sebelum konsonan
o   Est-ce qu’ = sebelum vocal
Modèle : Est-ce que vous parlez Français ?
ö  Menambahkan n’est-ce pas sesudah kalimat pertanyaan
Modèle : Il va à Londies, n’est-ce pas  ?  (Dia sedang pergi ke London, bukan ?)
ö  Membalikkan kata ganti subyek dan kata kerjanya
Modèle :
o   Parlez – vous Français ?
o   Vas – tu à Londies ?

Sakitnya antara Dicela dan Dibohongi


Hai, kawan...
Aku yakin kalian pasti sudah pernah dibohongi dan dicela orang lain. Ternyata rasanya sakit banget ya... apalagi dibohongi hal yang membuat sakit hati no. 1 seumur hidup. Dan mungkin susah banget untuk memaafkan. Dibohongi orang lain apalagi teman dekat rasanya seperti tidak dihargai. Walaupun mungkin teman-teman ada yang mengaggap bohong itu hanya masalah kecil, tapi sebenarnya nyakitin banget melebihi sakit ketika kita dicela. Ya walaupun sulit untuk dimaafkan tapi kita tetap harus memaafkan. Tuhan aja Maha Pemaaf masak kita sebagai makhluk ciptaanNya ga mau memaafkan.
Kalau kita dicela memang sih kita juga sakit hati, tapi menurut aku itu bukanlah hal yang harus dimasukkan ke hati. Nggak usah dipikir banget-banget. Malahan kata-kata celaan itu kita buat sebuah kata yang bisa membangun diri kita. Misalnya, teman kita bicara dengan kita “ih, kok kamu bodo banget sih”, “suara kamu itu bagus banget kaca aja sampai mau pecah”. Saat kata-kata itu meluncur dari mulut teman memang kita marah. Tapi, lebih baik sadari aja mungkin itu kelemahan kita. Kita berpikir bahwa kita sudah perfect  tapi itu bagi diri kita saja. Sedangkan bagi orang lain mungkin belum sesempurna seperti yang kita pikirkan. Maka, dari kata celaan itu sebaiknya jadikan masukan buat diri sendiri.  Tampillah sebagaimana orang lain menganggap kamu istimewa.

Alangkah Mulianya Menjadi Paskibraka


 
Alangkah Mulianya Menjadi Paskibraka
Hari Kemerdekaan, 17 Agustus


Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka)
Bendera Pusaka, hari kemerdekaan .... hmm hal yang telah diperjuangkan beberapa tahun yang lalu oleh para pejuang bangsa kita tercinta ini. Sehingga sekarang kita bisa hidup merdeka dan bebas dari penjajahan. Mendengar kata Bendera Pusaka dan Hari Kemerdekaan, rasanya sangat nasionalisme. Dan mungkin setiap orang ingin menyentuh Bendera Pusaka tersebut. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan semua itu. Termasuk menjadi Paskibraka.

Paskibraka adalah sekelompok pasukan yang diberi tanggung jawab dan kepercayaan untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Banyak orang yang menginginkan kepercayaan tersebut. Untuk mendapatkannya harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, terutama syarat fisik. Tinggi seorang paskib harus sesuai dengan aturan yaitu, perempuan minimal 160 cm dan laki-laki minimal 165 cm.
Kalau dilihat ketika baris-berbaris, wah pokoknya seperti nggak bisa berkata-kata deh. Kebersamaan dan solidernya sangat membangitkan rasa nasionalisme kita. Dan pokoknya sangat menyentuh hati. Ketika tiba saatnya 17 Agustus yang merupakan puncak kemenangan dan aksi Paskibraka mengibarkan Sang Saka Merah Putih lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan WR Supratman pun mulai bergema, rasanya merinding dan sangat menyentuh memasuki kemenangan masa lampau.

Untuk Calon dan Purna Paskibraka, selamat ya atas kepercayaan yang diberikan kepada kalian. Cukup melihatpun aku ikut seneng banget, karena aku memang tidak bisa menjadi seperti kalian. Andai saja aku bisa seperti kalian, mungkin aku akan merasa menjadi orang yang paling bahagia dan beruntung di dunia ini. Kejanggalan hati ini rasanya telah terbang dan hilang terbawa angin menuju samudera Pasific. Rasa nasionalisme yang hampir layu karena kejanggalan di dalam kalbu rasanya telah bersemi dan mekar kembali menyongsong Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2012.

Senin, 11 Juni 2012

Usaha dan sukses


Pasti setiap orang pengen sukses. Coba aja tanya setiap orang yang kamu temui. SUKSES kata yang tentunya kita impikan. Tapi, sayangnya kita itu tidak bisa langsung mendapatkannya. Untuk mendapatkan kita harus berusaha dan tentunya bekerja keras. Coba deh kalian perhatikan orang-orang yang sukses. Sebelum dia sukses pasti dia berusaha. O.. iya usaha di sini juga harus disertai doa. Tapi teman-teman ternyata ada juga lho yang udah usaha sampai sekuat tenaga tetapi kesuksesan / impiannya itu belum juga tercapai.
Perlu teman-teman ketahui, ternyata antara usaha dan sukses itu ada jaraknya. Untuk menuju kesuksesan kita harus melewati jalan yang tentunya mempunyai jarak. Jarak antara usaha dan kesuksesan itu ada yang hanya mungkin 1 cm, 1 m, 1 km, atau bahkan berjuta-juta km. Nah, ketika kita melewati jalan tersebut kita harus sabar jangan menyerah. Karena kalau kesabaran kita habis otomatis kita akan berhenti di jalan dan kapan kita akan sampai dikesuksesan. Kalau kalian masih bingung, kita ibaratkan saja kita akan pergi ke suatu tempat menggunakan mobil. Terus di tengah perjalan bensin di mobil kita habis. Kalau kita tidak mengisi bensin tersebut kapan kita sampai di tempat tujuan?
Jadi, kesimpulannya antara usaha dan sukses itu ada jaraknya. Dalam jarak tersebut kita harus selalu sabar untuk sampai ke tujuan (sukses).
“Man shabara zhafirra”
 
;