Kamis, 14 Juni 2012

Alangkah Mulianya Menjadi Paskibraka


 
Alangkah Mulianya Menjadi Paskibraka
Hari Kemerdekaan, 17 Agustus


Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka)
Bendera Pusaka, hari kemerdekaan .... hmm hal yang telah diperjuangkan beberapa tahun yang lalu oleh para pejuang bangsa kita tercinta ini. Sehingga sekarang kita bisa hidup merdeka dan bebas dari penjajahan. Mendengar kata Bendera Pusaka dan Hari Kemerdekaan, rasanya sangat nasionalisme. Dan mungkin setiap orang ingin menyentuh Bendera Pusaka tersebut. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan semua itu. Termasuk menjadi Paskibraka.

Paskibraka adalah sekelompok pasukan yang diberi tanggung jawab dan kepercayaan untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Banyak orang yang menginginkan kepercayaan tersebut. Untuk mendapatkannya harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, terutama syarat fisik. Tinggi seorang paskib harus sesuai dengan aturan yaitu, perempuan minimal 160 cm dan laki-laki minimal 165 cm.
Kalau dilihat ketika baris-berbaris, wah pokoknya seperti nggak bisa berkata-kata deh. Kebersamaan dan solidernya sangat membangitkan rasa nasionalisme kita. Dan pokoknya sangat menyentuh hati. Ketika tiba saatnya 17 Agustus yang merupakan puncak kemenangan dan aksi Paskibraka mengibarkan Sang Saka Merah Putih lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan WR Supratman pun mulai bergema, rasanya merinding dan sangat menyentuh memasuki kemenangan masa lampau.

Untuk Calon dan Purna Paskibraka, selamat ya atas kepercayaan yang diberikan kepada kalian. Cukup melihatpun aku ikut seneng banget, karena aku memang tidak bisa menjadi seperti kalian. Andai saja aku bisa seperti kalian, mungkin aku akan merasa menjadi orang yang paling bahagia dan beruntung di dunia ini. Kejanggalan hati ini rasanya telah terbang dan hilang terbawa angin menuju samudera Pasific. Rasa nasionalisme yang hampir layu karena kejanggalan di dalam kalbu rasanya telah bersemi dan mekar kembali menyongsong Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2012.

Tidak ada komentar :

 
;