Kamis, 23 Agustus 2012

Air Terjun Sri Gethuk


Teman-teman kali ini hal yang aku tulis adalah tentang wisata di tempat tinggalku. Selain terkenal dengan karstnya di kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta juga mempunyai air terjun yang sangat memesona. Wah... teman-teman kaget ya ?

Eits, jangan salah walaupun Gunungkidul merupakan bukit paling selatan di Indonesia, di sini juga terdapat banyak tempat wisata mulai dari wisata alam, kerajinan, kebudayaan dan masih banyak lagi deh. Salah satu wisata alam yang menarik dan mungkin teman-teman juga tak menyangka, ini dia air terjun Sri Gethuk.


Air terjun ini terletak di dusun Menggoran desa Bleberan, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, provinsi DIY. Tempat ini belum lama dibuka untuk umum, jadi masih tergolong tempat wisata baru. Air terjun Sri Gethuk memiliki keunikan tersendiri, karena memiliki dua cabang pada dua celah tebing dan muncul di sela-sela tebing karst yang gersang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 m dan berada tepat di tepi sungai Oyo. Ada tiga sumber mata air yang menyembur di sekitar air terjun Sri Gethuk, yaitu mata air Dung Poh, Ngandong dan Ngambul dengan rata-rata debit 30-60 liter per detik.air terjun Sri Gethuk yang tak jauh dari Goa Rancang Kencono ini memiliki keindahan tebing yang tingginya sampai 50 m. Air yang mengalir dari tebing yang tinggi ini jatuh ke hamparan sungai Oyo dengan keindahan yang eksotis, diwarnai dengan gemericik suara air ditambah hiasan daun nyiur yang melambai.

Gimana teman-teman, sudah nentuin tanggal wisata ke air terjun Sri Gethuk kan ? Ayo buruan, jangan sampai ketinggalan cerita dan foto menarik teman-temanmu yang sudah berwisata ke sana. Dijamin deh, nggak bakal nyesel ……

Tidak ada komentar :

 
;