Kamis, 14 Juni 2012

Belajar Bahasa Perancis untuk Pemula


Bagi teman-teman yang suka dan pengen belajar Bahasa Perancis ini ada sedikit materi. Walaupun hanya sedikit semoga bermanfaat dan menjadikan awal keberhasilan teman-teman dalam Bahasa Perancis. O...iya please komennya terutama yang tertarik dengan Bahasa Perancis. Salam kenal :)
Ucapan / percakapan ketika bertemu seseorang :

  • ·         Bounjour, .... / Bonsoir, ....
  • ·         Salut ! a va ? (Hai, apa kabar?)
  • ·         Pas mal, et toi?
  • ·         Comme ci comme a (Baik)
  • ·         Comment allez – vous?
  • ·         Je vais très bien merci
  • ·         Je m'appelle .... (nama saya ... )
  • ·         Comment vous appelez – vous ? (nama Anda ?)
  • ·         Merci beaucoup (Terimaksih)
  • ·         De rien (sama-sama / kembali)
  • ·         Au revoir ... !! (sampai bertemu)
  • ·         A bientôt ... !! (sampai jumpa)

Dalam Bahasa Perancis setiap kata benda itu dibedakan menjadi dua, yaitu feminim dan maskulin.
·         Un dipakai sebelum kata benda maskulin. Contoh : un étudiant
·         Une dipakai sebelum kata benda feminim. Contoh : une étudiante

Kata ganti pokok kalimat :
  • ·         Je            : saya
  • ·         Tu          : kamu
  • ·         Il             : dia (maskulin)
  • ·         Elle        : dia (feminim)
  • ·         On          : seorang, orang-orang
  • ·         Nous     : kami, kita
  • ·         Vous      : Anda, Anda sekalian
  • ·         Ils           : mereka (maskulin)
  • ·         Elles      : mereka (feminim)
Je       : Dipakai sebelum kata yang diawali dengan sebuah bunyi konsonan.
J’       : Dipakai sebelum huruf hidup
            Modèle                       :           Je parle                       –          J’ai

Kata kerja beraturan –er Parler (berbicara) :
·        Je                     : parle
·        Tu                    : parles
·        Il, elle, on        : parle
·        Nous               : parlons
·        Vous               : parlez
·        Ils, ells             : parlent

Waktu sekarang (present) juga dapat menyatakan kejadian yang akan segera berlangsung :
M. Thierry parle demain (Tuan Thierry akan berbicara besok)

Kata kerja tak beraturan Aller (pergi) :
·        Je                     : vais
·        Tu                    : vas
·        Il, elle, on        : va
·        Nous               : allons
·        Vous               : allez
·        Ils, ells             : vont

Bentuk negative waktu sekarang ne … pas (bukan) :
ü  Menempatkan ne sebelum kata kerja dan pas setelah kata kerja.
ü  Modèle :
o   Je ne parle pas
o   Ils ne parlent pas
o   Nous n’allons pas
o   Vous n’allez pas

Membuat kalimat tanya :
ö  Menaikkan intonasi pertanyaan
Modèle :
o   Tu vas à Chicago ?
o   Vous parlez Français ?
ö  Menambahkan :
o   Est-ce que = sebelum konsonan
o   Est-ce qu’ = sebelum vocal
Modèle : Est-ce que vous parlez Français ?
ö  Menambahkan n’est-ce pas sesudah kalimat pertanyaan
Modèle : Il va à Londies, n’est-ce pas  ?  (Dia sedang pergi ke London, bukan ?)
ö  Membalikkan kata ganti subyek dan kata kerjanya
Modèle :
o   Parlez – vous Français ?
o   Vas – tu à Londies ?

Sakitnya antara Dicela dan Dibohongi


Hai, kawan...
Aku yakin kalian pasti sudah pernah dibohongi dan dicela orang lain. Ternyata rasanya sakit banget ya... apalagi dibohongi hal yang membuat sakit hati no. 1 seumur hidup. Dan mungkin susah banget untuk memaafkan. Dibohongi orang lain apalagi teman dekat rasanya seperti tidak dihargai. Walaupun mungkin teman-teman ada yang mengaggap bohong itu hanya masalah kecil, tapi sebenarnya nyakitin banget melebihi sakit ketika kita dicela. Ya walaupun sulit untuk dimaafkan tapi kita tetap harus memaafkan. Tuhan aja Maha Pemaaf masak kita sebagai makhluk ciptaanNya ga mau memaafkan.
Kalau kita dicela memang sih kita juga sakit hati, tapi menurut aku itu bukanlah hal yang harus dimasukkan ke hati. Nggak usah dipikir banget-banget. Malahan kata-kata celaan itu kita buat sebuah kata yang bisa membangun diri kita. Misalnya, teman kita bicara dengan kita “ih, kok kamu bodo banget sih”, “suara kamu itu bagus banget kaca aja sampai mau pecah”. Saat kata-kata itu meluncur dari mulut teman memang kita marah. Tapi, lebih baik sadari aja mungkin itu kelemahan kita. Kita berpikir bahwa kita sudah perfect  tapi itu bagi diri kita saja. Sedangkan bagi orang lain mungkin belum sesempurna seperti yang kita pikirkan. Maka, dari kata celaan itu sebaiknya jadikan masukan buat diri sendiri.  Tampillah sebagaimana orang lain menganggap kamu istimewa.

Alangkah Mulianya Menjadi Paskibraka


 
Alangkah Mulianya Menjadi Paskibraka
Hari Kemerdekaan, 17 Agustus


Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka)
Bendera Pusaka, hari kemerdekaan .... hmm hal yang telah diperjuangkan beberapa tahun yang lalu oleh para pejuang bangsa kita tercinta ini. Sehingga sekarang kita bisa hidup merdeka dan bebas dari penjajahan. Mendengar kata Bendera Pusaka dan Hari Kemerdekaan, rasanya sangat nasionalisme. Dan mungkin setiap orang ingin menyentuh Bendera Pusaka tersebut. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan semua itu. Termasuk menjadi Paskibraka.

Paskibraka adalah sekelompok pasukan yang diberi tanggung jawab dan kepercayaan untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Banyak orang yang menginginkan kepercayaan tersebut. Untuk mendapatkannya harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, terutama syarat fisik. Tinggi seorang paskib harus sesuai dengan aturan yaitu, perempuan minimal 160 cm dan laki-laki minimal 165 cm.
Kalau dilihat ketika baris-berbaris, wah pokoknya seperti nggak bisa berkata-kata deh. Kebersamaan dan solidernya sangat membangitkan rasa nasionalisme kita. Dan pokoknya sangat menyentuh hati. Ketika tiba saatnya 17 Agustus yang merupakan puncak kemenangan dan aksi Paskibraka mengibarkan Sang Saka Merah Putih lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan WR Supratman pun mulai bergema, rasanya merinding dan sangat menyentuh memasuki kemenangan masa lampau.

Untuk Calon dan Purna Paskibraka, selamat ya atas kepercayaan yang diberikan kepada kalian. Cukup melihatpun aku ikut seneng banget, karena aku memang tidak bisa menjadi seperti kalian. Andai saja aku bisa seperti kalian, mungkin aku akan merasa menjadi orang yang paling bahagia dan beruntung di dunia ini. Kejanggalan hati ini rasanya telah terbang dan hilang terbawa angin menuju samudera Pasific. Rasa nasionalisme yang hampir layu karena kejanggalan di dalam kalbu rasanya telah bersemi dan mekar kembali menyongsong Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2012.
 
;