Kamis, 28 Juni 2012

Terjemahan Syair Sayyid Ahmad Hasyimi

Bersabarlah dan ikhlaslah dalam setiap langkah perbuatan

Terus meneruslah berbuat baik ketika di kampung dan di rantau

Jauhilah perbuatan buruk, dan ketahuilah pelakunya pasti diganjar, di perut bumi dan di atas bumi

Bersabarlah menyongsong musibah yang terjadi dalam waktu yang mengalir

Sungguh di dalam sabar ada pintu sukses dan impian kan tercapai

Jangan cari kemuliaan di kampung kelahiranmu

Sungguh kemuliaan itu ada dalam perantauan diusia muda

Singsingkan lengan baju dan bersungguh-sungguhlah menggapai impian

Karena kemuliaan tak akan bisa diraih dengan kemalasan

Jangan bersilat kata dengan orang yang tak mengerti apa yang kau katakan

Karena debat kusir adalah pangkal keburukan

 

Dikutip dari : Novel  Ranah 3 Warna

FRIENDS FOREVER

Pesahabatan yang Tak Akan Pernah Pudar Sepanjang Masa

(RA & AEL)

 

Sahabat merupakan seseorang yang paling dekat dan paling baik dengan kita. Canda, tawa, tangis dan semua ada bersamanya. Setiap orang pasti punya sahabat. Sahabat sejati adalah sahabat yang mau menerima kita apa adanya, percaya dengan kita, pokoknya paling mengerti kita.

Biasanya sebuah persahabatan terjadi karena mempunyai visi misi dan tujuan hidup yang sama. Ya... walaupun mungkin ada juga berbeda

Pernahkah kamu merasakan bagaimana rasanya kehilangan sahabat ? uhhh... sedih banget L. Apalagi kita sudah nggak dan bahkan tidak akan pernah bertemu (bersamanya) lagi. Misalnya aja dalam beberapa detik terakhir kita masih bersamanya, 1 detik kemudian  tak disangka dan tak diduga kita berada di dunia yang berbeda. Antara dunia nyata dan dunia dimana mereka saat itu. Yang jelas kita akan merasa sedih banget. Biasanya sahabat kita selalu di samping kita dan menemani kita. Tapi, ketika kita membutuhkannya dan seharusnya dia ada di samping kita, rasanya di sekeliling kita hanyalah kosong dan hampa. Ya... walaupun sebenarnya ada banyak sahabat baru dan teman di samping kita. Kita tidak akan bisa mencari penggantinya. Walaupun kita telah menemukan sahabat baru yang lain, tapi seseorang itu tidak akan pernah menjadi sahabat sejati seperti sahabat yang telah berpisah dengan kita. Seseorang itu hanya menjadi sahabat biasa, bukan Sahabat Sejati bagi kita.

“Sobat, di manapun kita berada bahkan di dunia yang berbeda (seperti sekarang) selamanya kita akan tetap menjadi “Sahabat Sejati”. Seperti janji kita waktu itu saling membantu, senang sedih kita tanggung dan rasakan bersama, and jangan pernah berbohong antara satu sama lain. Perpisahan ini hanyalah perpisahan fisik. Karena kita masih bahkan sering bertemu dalam mimpi-mimpi yang indah. Walaupun kita tidak bisa berbincang-bincang seperti dulu, tapi kita saling senyum menyapa di antara Persahabatan kita” (untuk sahabat sejatiku, Rita Ambarwati)

 

Apakah kamu pernah kehilangan / berpisah dengan sahabatmu ?

Bagaimana perasaanmu ?

JANGAN MENINGGALKAN MASALAH


Masalah ???? setiap orang pasti punya masalah. Entah itu masalah yang berat maupun ringan. Masalah merupakan hal yang biasa dalam kehidupan. Jika seseorang tidak pernah mengalami masalah maka sama aja orang tersebut tidak hidup. Memang sih, menghadapi masalah itu berat. Tapi masalah merupakan hal yang harus kita hadapi, jika tidak malah akan menambah beban kita. Karena semakin hari masalah tidak diselesaikan maka masalah tersebut akan menumpuk alias semakin besar dan rumit / sulit untuk diselesaikan. Eeeeitss... jangan berkeluh kesah ya ketika menghadapi masalah, terus usaha dan semangat menghadapinya.

Jika kita mau menghadapi masalah berarti kita telah berusaha untuk menghadapinya. So, kita akan mempunyai pengalaman lebih. Apabila ada masalah lagi, maka kita akan lebih mudah untuk menghadapi. Diibaratkan aja ya... misalnya nih ujian sekolah.

Agar kita bisa lulus ujian maka kita harus mengikuti ujian. Apabila kita tidak berusaha dan mengikuti ujian maka kita tidak akan lulus. Dan kita tidak akan naik ketingkat berikutnya. Sedangkan orang lain yang mau berusaha dan mengikuti ujian  mereka akan naik ketingkat berikutnya. Dan jika kita berhasil maka kita akan lulus. Kita ibaratkan aja, misalnya ujian adalah sebuah masalah dan belajar yang kita lakukan adalah sebuah usaha untuk melewatinya.

So, jangan perbah meninggalkan suatu masalah seberat apapun masalah itu. karena dengan meninggalkan masalah maka kita malah akan menambah masalah baru yang mungkin lebih besar. Selesaikan masalah dengan sebaik mungkin.

Jangan menyerah, selalu sabar, terus berusaha dan tetap semangat.

Nilai Raport...

Yeeee….. yeeee……

Akhirnya raport alias nilai dari hasil usaha kita selama ini keluar juga. Hmmm, ketika membuka raport pasti yang kita tengok pertama kali adalah peringkat. Berapakah peringkatmu ? . Dan yang kedua pasti jelaslah nilai.

Awalnya hanya melirik satu per satu dari baris paling atas ke bawah. Kemudian, yuuup… ketemu deh nilai yang bagus ‘n jelek. Nilai tertinggi yang akan membuat kita bangga terhadap diri kita sendiri. Artinya usaha (belajar) kita waktu itu sukses, sehingga bisa membuahkan hasil yang maksimal seperti sekarang ini. Eeeeitss, walaupun nilaimu udah bagus tetap belajar yang sungguh-sungguh ea. Jangan malah sombong dan nggak mau belajar. Pertahankan dan tingkatkan selalu.

Sedangkan nilai terendah membuat kita merasa sedih dan menyesal. Mengapa waktu itu kita nggak belajar lebih, mengapa kita malas-malasan. Uhh… penyesalan yang nggak ada gunanya. Lebih baik kita belajar lebih giat lagi supaya nilai kita bisa naik dan maksimal seperti yang kita harapkan. Jangan menyerah, masih ada waktu kok. Dan jangan pernah malu untuk bertanya. Kalau kamu nggak bias terus nggak mau bertanya kapan mau bisa.

 
;